Pentingnya Kolagen Bagi Wajah

Pentingnya Kolagen Bagi Wajah

Pentingnya Kolagen Bagi Wajah

Perlu anda ketahui bahwa Kolagen adalah protein yang jumlahnya melimpah dalam tubuh. Terutama kolagen tipe 1 yang terdapat di berbagai bagian tubuh anda seperti di dalam otot, tulang, kulit, pembuluh darah, sistem pencernaan, dan urat daging. Kolagen adalah zat yang memberikan kekuatan dan kelenturan pada kulit juga membantu dalam mengganti sel-sel kulit mati.

Seiring bertambahnya usia ditambah dengan berbagai faktor dari luar, kulit wajah lama kelamaan akan mengendur. Ini karena kulit wajah secara perlahan mulai kehilangan elastisitasnya. Untuk itu peran protein untuk kembali mengencangkan kulit pada wajah sangatlah penting agar anda dapat terhindar dari penuaan dini.

Para ilmuan telah membuktikan bahwa pada saat usia 25 tahun, kulit pada tubuh anda akan mulai kehilangan 1.5% kolagen setiap tahunnya, dan anda akan kehilangan 50% kolagen dari usia anda 25 tahun sampai pada usia 60 tahun. Seiring bertambahnya usia anda, tekstur kulit yang anda miliki justru akan semakin kendur. Hal ini sudah dipastikan dan dianggap sangat alamiah karena kolagen tadi yang ada dalam tubuh anda akan semakin berkurang setiap tahunnya.

Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino yang terbentuk dari karbon, oksigen dan hidrogen. Kolagen mengandung asam amino tertentu seperti Glycine, Proline, hydroxyproline dan Arginine. Sekitar 33% protein dalam tubuh manusia terdiri dari kolagen, dan sekitar 75% kulit anda terbentuk dari kolagen.

Kolagen menghubungkan atau mendukung jaringan tubuh manusia seperti kulit, tulang, tendon, otot, tulang rawan, bahkan pada rambut dan kuku serta memberikan kekuatan untuk struktur tubuh dan melindungi struktur kulit dengan mencegah penyebaran zat patogen, zat beracun lainnya, mikro organisme dan sel-sel kanker. Kolagen disini juga dapat memberikan elastisitas, kelenturan, kekenyalan, kelembaban dan ketahanan pada kulit.

Kolagen diibaratkan sebagai lem yang menyatukan tubuh manusia secara bersamaan. Maka tanpa adanya kolagen di dalam tubuh manusia, organ dan kulit anda tidak akan saling terkait melainkan akan terpisah secara harfiahnya. Dengan kulit yang masih elastis inilah anda akan terlihat awet muda bebas dari keriput walaupun usia anda sudah berada pada usia 40 tahun ke atas.

Produksi kolagen dalam tubuh anda tentunya tidak heran akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Beberapa tanda dari adanya penurunan produksi kolagen ini dapat dilihat dari munculnya keriput dan kulit kendur pada wajah anda, dan nyeri sendi yang disebabkan oleh semakin lemahnya tulang rawan.

Bisa dipastikan bahwa kekurangan kolagen bisa menimbulkan masalah seperti beberapa penyakit genetik yang berhubungan dengan kekurangan kolagen yaitu osteogenesis imperfecta yang sering disebut sebagai penyakit tulang rapuh dan yang merupakan hasil dari penurunan kolagen. Oleh karena itu kolagen sangatlah penting bagi tubuh kita.

Asupan bahan makanan yang mengandung kolagen
Buah yang mengandung banyak vitamin C dan antioksidan adalah penghasil kolagen yang besar. Seperti buah jeruk, strawberry, wortel, apel, jambu merah, jambu monyet, anggur, kiwi, lemon, blackberry, blueberry, papaya, dan tomat. Sama seperti buah-buahan, sayuran juga merupakan pilihan terbaik untuk menambah senyawa kolagen dalam tubuh kita.

Sebaiknya anda memilih sayuran yang mengandung vitamin C dan K seperti paprika, brokoli, kubis, bawang putih, terong, asparagus, kembang kol dan bayam. Selain itu produk olahan kacang kedelai merupakan produk yang menghasilkan kolagen dalam jumlah banyak dan memerangi penuaan pada kulit, seperti yang terkandung pada keju, susu kedelai, tempe, tahu.

Omega 3 adalah asam lemak yang dianggap sebagai lemak baik. Omega 3 akan menjadikan kulit anda menjadi halus, kenyal dan lembut sehingga Omega 3 sangat baik untuk dikonsumsi secara teratur. Omega 3 dapat ditemukan pada ikan tuna, ikan salmon, dan ikan mackerel, telur dan kacang kenari.

Selain dari memperhatikan asupan bahan makanan yang anda makan, anda juga harus memperhatikan produk sabun muka yang anda pakai. Erhsali Fish Collagen Soap hadir untuk anda dan dapat membantu menjaga kulit wajah anda sehingga nampak lebih muda, terawat dan sehat.

Manfaat Kolagen
Kolagen ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh anda dan terutama dapat menjaga wajah anda tetap sehat dan kelembaban kulit dapat terjaga. Kolagen juga bermanfaat bagi berbagai bagian tubuh lainnya. Berikut ini merupakan berbagai manfaat kolagen bagi tubuh.

  • Menjaga keutuhan tulang dan sendi
    Pada saat tubuh anda kekurangan kolagen, maka urat dan ligamen akan mulai susah bergerak, kemudian menjadi kaku dan bahkan terjadi pembengkakan. Struktur kolagen yang menyerupai lem akan membuat kolagen bekerja menutupi dan menahan tulang anda sehingga peran kolagen yaitu memungkinkan anda untuk bergerak tanpa rasa sakit.

Tugas lainnya membuat tulang mudah bergerak, mengatasi rasa sakit yang sering berkaitan dengan usia dan mengurangi resiko kerusakan sendi. Anda perlu mengetahui bahwa kolagen adalah obat yang efektif untuk mengatasi masalah osteoartritis dan nyeri sendi serta masalah gangguan pada tulang lainnya.

  • Menambah massa otot
    Pastinya karena kandungan kolagen maka kinerja dari tubuh mampu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh anda dengan cara menambah massa otot dan membantu penyerapan berbagai nutrisi penting yang berguna untuk metabolisme tadi. Pada saat mengkonsumsi kolagen, sebaiknya anda juga mengimbangi dengan mengkonsumsi vitamin C karena itu akan membantu mengubah kolagen menjadi protein yang dapat diserap baik oleh tubuh. Hal ini juga dilakukan agar kinerja kolagen akan mengembalikan energi dan vitalitas Anda.

 

  • Menjaga kesehatan kulit
    Menurut sebuah penelitian dengan plasebo terkontrol ternyata hasilnya ditemukan bahwa penggunaan 2,5-5 gram kolagen hidrolisat yang digunakan oleh para wanita yang berusia 35-55 tahun sekali sehari selama delapan minggu berturut-turut dapat meningkatkan elastisitas kulit, kelembaban kulit, mengatasi kulit kering, kulit kasar, dan memiliki perubahan baik lainnya tanpa efek samping.
    Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun dengan pasti dan ditandai oleh beberapa tanda seperti kulit kendur, muncul keriput, dan kurang elastis. Maka dari itu asupan kolagen dalam tubuh dapat membuat kulit Anda lebih kencang, halus, dan membantu sel-sel kulit beregenerasi lebih baik.
No Comments

Post A Comment